Em Ar Ti


Pemerintah Singapura sangat memanjakan penduduk setempat maupun turis - turis yang berkunjung ke Singapura dalam berpergian di negara tersebut. Transportasi yang tersedia di Singapura memudahkan mereka untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Mulai dari bis, taksi, monorail, hingga MRT. Dari semua transportasi itu, MRT menjadi favorit saya dalam berpergian di Singapura. Selain praktis dan cepat, MRT juga termasuk murah.




Di Singapura, MRT disebut juga SMRT (Singapore Mass Rapid Transportation). SMRT ini merupakan kereta cepat yang menghubungkan seluruh Singapura. Hal ini tentu sangat memudahkan seseorang untuk berpergian dari ujung barat hingga ke ujung timur Singapura dalam waktu yang cukup cepat. Just for info, untuk menempuh jarak dari ujung ke ujung (dari Changi Airport ke Joo Koon) hanya memakan waktu kurang lebih 70 menit saja. Hal ini sesuai dengan sifat orang - orang Singapura yang selalu ingin semuanya serba cepat. Sepertinya seluruh penduduk Singapura memegang 1 prinsip, yaitu "Time is Money". Segalanya terasa cepat di Singapura. Bet...bet...bet... Uda kaya metromini nyalip - nyalip di Jakarta saja ya. Hehehe.

Untuk menggunakan transportasi ini pun cukup mudah. Ada 2 cara yang umum digunakan para turis untuk menggunakan SMRT, yaitu standard ticket dan EZ Link card. Standard ticket ini adalah tiket SMRT sekali pakai. Jadi maksudnya, misalnya trepelers ingin pergi dari Changi Airport ke Orchard dan trepelers membeli standard ticket. Nah, standard ticket itu ya hanya bisa digunakan dalam 1x perjalanan tersebut. Setelah trepelers sampai di Orchard, standard ticket tersebut dikembalikan melalui mesin sebelum anda keluar stasiun. Standard ticket tersebut menjadi akses trepelers untuk keluar stasiun. Jadi ya trepelers gabisa tuh nyimpen standard ticket itu untuk kenang - kenangan. Nah, berbeda dengan EZ Link card. EZ Link card ini bentuknya seperti kartu Flazz BCA yang ada di Indonesia. Jadi trepelers harus mengisi kartu tersebut dengan sejumlah Singapore Dollar (SGD) melalui mesin yang tersedia di setiap stasiun SMRT dan saldo yang ada di dalam kartu tersebut dapat trepelers gunakan untuk naik SMRT. Banyak keuntungannya jika trepelers memilih menggunakan kartu ini. Pertama, trepelers ga perlu repot - repot mengantri dan membeli tiket setiap ingin berpergian seperti halnya orang - orang yang membeli standard ticket. Trepelers pasti setuju dengan pendapat Kang Trepel tentang keuntungan pertama tersebut setelah trepelers melihat antrian dalam membeli standard ticket, apalagi saat jam sibuk berangkat dan pulang kantor. Kedua, biaya perjalanan SMRT menggunakan EZ Link card lebih murah dibandingkan dengan menggunakan standard ticket. Sebagai contoh, biaya perjalanan dari Changi Airport menuju Orchard, dengan menggunakan standard ticket adalah SG$ 2.1, sedangkan menggunakan EZ Link card hanya SG$ 1.69. Lumayan kan trepelers bisa hemat SG$ 0.41, bisa buat makan, minum, jajan, beli oleh - oleh, dll. Nah, yang ketiga, EZ Link card ini selain bisa digunakan untuk naik SMRT, kartu ini bisa digunakan untuk belanja dan naik bis di Singapura. Untuk naik bis, jauh lebih praktis menggunakan EZ Link Card, daripada trepelers harus rogoh - rogoh recehan trepelers buat bayar bis.

EZ Link card ini bisa dibeli di beberapa tempat, yaitu di stasiun SMRT, 7-Eleven, dan di SingPost. Harganya berbeda - beda di setiap tempat tersebut. Untuk di stasiun SMRT, harganya SG$ 12 dan di dalamnya sudah termasuk saldo sebesar SG$ 7. Untuk di 7-Eleven, harganya SG$ 10 dan di dalamnya sudah termasuk saldo sebesar SG$ 5. Sedangkan di SingPost, harganya SG$ 5 saja, tapi tidak ada saldo di dalam kartu tersebut. Waktu itu sih Kang Trepel belinya di stasiun SMRT di Changi Airport. Saya beli di situ dan langsung gunakan untuk perjalanan menuju Orchard. Penasaran dengan penampakan kartu sakti ini? Nih Kang Trepel fotoin kartu Kang Trepel...
Uda banyak yang pudar warnanya
gara - gara Kang Trepel masukin ke dompet dengan kartu - kartu lainnya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar